know yourself

Haiii semuaaaa. Bagaimana harimu? Aku baik, semoga kamu juga ya

Mengenali diri sendiri.

Susah ya buat kenal diri sendiri? Menurut aku, ini juga bagian dari selflove karena sebelum kamu mencintai diri sendiri, kamu harus kenal sama diri kamu.

Masa kamu belum kenal tapi udah cinta, mana ada coba?

Sekarang tuh ya banyak banget sosial media, jadinya kita lupa buat ngenalin diri sendiri.

Know yourself itu sebenarnya apasi?

Menurut aku know yourself itu adalah hal paling basic yang harus dilakuin terus menerus dalam hidup.

Dengan kamu ngenalin diri sendiri, kamu tentunya akan merasakan;

Kamu jauh lebih mengenal diri sendiri, mengetahui kepribadian diri sendiri, mengetahui apa yang kamu suka dan kamu gak suka, lebih mengetahui kekuatan diri untuk kamu keluarkan ketika kamu menghadapi masalah atau sedang 'hancur'

Selain itu, kamu juga gak akan mudah iri dengan pencapaian orang lain.

Karena kamu tau porsi apa yang kamu butuhin. Setiap orang pasti punya value-nya masing-masing. Jadi, kamu juga akan lebih bijak. Bukan ini pencapaian yang aku mau, ini haknya dia bukan hak aku.

Trus kalo misalnya kamu gak ngenalin diri sendiri, apasih yang bakal terjadi buat kedepannya?

Kebalikan dari yang tadi, ditahap ini kamu akan merasakan; lebih rentan dalam menghadapi masalah, hati akan bergejolak dan emosi kamu gak akan stabil.

Contoh; kamu pasti punya kan lingkaran pertemanan yang disebut 'geng'? Misal, temen satu geng kamu punya kekasih, setelahnya kamu merasa iri dan ingin seperti dia. Lalu datanglah seseorang yang baik dan mampu menawarkan diri sebagai kekasihmu.

Awalnya memang berjalan lancar, indah, dan baik-baik saja. Tapi dengan berjalan waktu, kamu mulai merasa gak nyaman dengan apa yang kamu lalui sekarang. Karena sesungguhnya, yang kamu mau tuh bukan pacar.

Kamu hanya iri, atau mungkin juga kamu tuh cemburu karena waktu bermain kamu dengan temanmu harus terbagi karena ia sudah memiliki kekasih.

Mungkin yang kamu butuhkan saat itu adalah hangout bersama teman, melakukan hal yang kamu suka, atau hal-hal lain yang kamu bisa eksplor lebih jauh dengan dirimu sendiri.

Sesimple itu, tapi bukankah sangat penting untuk mengenali diri sendiri?

Satu poin penting dalam mengenali diri sendiri; kamu harus jujur sama diri sendiri dan kamu harus terima diri sendiri.

Terima berarti, kamu harus terima bahwa bisa jadi ada satu sisi dalam diri kamu yang kamu benci banget dan ingin kamu ubah. Tapi, belom kesampaian hingga sekarang.

Dan terima juga kalau selama ini kamu punya sisi positif yang selalu kamu abaikan.

Misal, ada temen kamu yang bilang kalau kamu tuh cocok jadi pemimpin. Tapi, kamu selalu ragu akan hal itu dan malah mengabaikannya.

Udah deh, makanya mulai dari sekarang kamu terima aja dulu apa yang kamu temuin di dalam diri kamu selama proses know yourself ini.

Selain kamu harus terima sama apa yang ada di diri kamu, kamu juga harus jujur sama dia. Jangan dibohongi, katakan apa yang kamu inginkan dalam dirimu.

Kalau kamu mau A, ya bilang pada dirimu kalau aku ingin A. Jangan malah katakan B karena mungkin orang-orang lebih banyak pro ke B. Harus jujur yaaa, ini hidupmu kamu tokoh utamanya, mereka hanya pemeran figuran.

"Tapi, gue bahkan gak tau gimana caranya bisa kenal sama diri sendiri,"

Nah, dulu aku juga punya kalimat itu di dalam otak ku. Namun, semakin bertambahnya waktu akupun semakin sadar bahwa yang aku jalani setiap hari ini salah.

Selalu mendengarkan omongan orang yang gak berpengaruh baik di kehidupanku, plin-plan dalam mengambil keputusan, dan selalu bergantung hidup dan kebahagiaan dengan orang lain.

Kalo kamu emang ingin mengenali diri sendiri kamu bisa mulai dari;

1. Kamu harus tau nih apa personality/kepribadian kamu. Kamu tuh orangnya bagaimana sih, kamu tuh seperti apa. Apa kamu orang yang punya tingkat emosional yang tinggi atau kamu malah sesosok orang yang memiliki stok sabar yang tak pernah habis. Aku gak tau, karna itu diri kamu.

Caranya gampang ko kalau kamu ingin tau seperti apa kepribadian kamu yang sebenarnya. Kamu cukup amati perilaku kamu sehari-hari. Respon apa yang kamu beri ketika kamu dalam menghadapi masalah, menyerah saja atau kamu maju dan menghadapinya. Sekali lagi, aku gak tau karna itu diri kamu.

2. Apa kelebihan dan kekurangan kamu. Yaampun ini tuh penting banget. Dengan mengetahui apa itu kelebihan kamu, kamu bakal paham kamu itu sebenarnya ahlinya dimana. Kamu bisa mengembangkan kelebihan kamu dan itu bisa jadi potensi yang berdampak ke reputasi kamu atau mungkin juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Sesimple ketika kamu mengetahui kelebihan kamu, ketika kamu mengetahui kekurangan kamu, kamu juga akan merasakan dampak yang dengan amat sangat. Kamu akan tahu hal apa yang harus kamu benahi, sesulit apa sih hal yang kamu harus benahi itu, dan gimana cara ngatasin kekurangan yang kamu miliki. Kalo kamu aja gak tau apa kekuranganmu, gimana bisa kamu ngelakuin hal diatas?

Aku pernah punya satu job dimana aku harus mengetahui kelebihan dan kekurang orang dan hampir semua data yang aku miliki mempunyai hasil, 'kelebihan: gak tau, kekurangan: banyak' plis disitu aku mau teriak didepan orang tersebut. "Lo tuh harus tau apa kelebihan dan kekurangan lo. Kalo hal sekecil ini aja lo gak paham, gimana bisa lo ngelanjutin hidup sesuai value yang udah lo anut?"

3. Sayang sama tubuh kamu. Paham kan maksud aku? Kamu harus adil sama tubuh kamu. Bagaimanapun juga, tubuh kamu nih yang selama ini berjuang dalam setiap prosesmu. Berilah dia haknya. Makan yang cukup, istirahat teratur, jangan bergadang, atau kamu juga bisa pergi ke suatu tempat yamg kamu rasa bisa membuat tubuhmu nyaman.

4. Terakhir. Kamu harus tau apa tujuan hidupmu, cita-cita, dan skala prioritas kamu. Dengan mengetahui tujuan hidup, kamu otomatis akan tahu mana yang jadi prioritas kamu mana yang nggak. Aku gak mau banyak bacot disini, karna akupun sadar kamu pasti akan mengerti dengan hal ini.

Dan clear.

Tapi, tapi, tapi, aku juga punya sedikit masalah. Ketika kamu udah kenal sama diri kamu, jangan pernah kamu berhenti dan stop untuk mengenali diri lagi. Karna, pengalaman kamu akan terus bertambah dan dunia akan terus berkembang. Tentunya hal tersebut bisa membentuk kamu menjadi pribadi yang baru.

Agar semua itu bisa berjalan dengan lancar, kamu harus matang dengan yang namanya perencanaan dan konsistensi.

Sekian dariku, semoga membantu

Maaf dan terimakasih.

Jangan lupa bahagia!1!1!

Aku sayang kepadamu dan dirimu jauh lebih sayang kepadamu❤️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

be happy

sayangi dirimu

kenapa kamu masih hidup hari ini